4 Cara Memulai Digital Marketing di Era Digital

Cara Memulai Digital Marketing di Era Digital

Digital Marketing dapat diartikan sebagai strategi penjualan yang menggunakan media digital sebagai alat untuk menaklukan audience. Di dunia serba digital seperti saat ini, digital marketing semakin banyak diperbincangkan dan dicari baik di kalangan para pelaku bisnis, politisi, akademisi, sampai selebgram. Hal ini tidaklah mengherankan, karena di masyarakat seperti saat ini pemakaian perangkat digital serta konsumsi digital sudah menjadi kebutuhan pokok setiap hari.

Lalu bagaimana caranya memulai digital marketing?

1. Buatlah Akun Sosial Media

Media sosial seperti Instagram, Twitter, LinkedIn dan Facebook bisa di manfaatkan untuk mendukung perkembangan bisnis. Silahkan pilih minimal 2, Namun lebih baik jika Anda memakai semuanya. Tapi kami sarankan memakai semuanya untuk membuat hingga mengisi konten sosial media bisnis Anda.

Bagi pemula mungkin cukup sulit mengelola sosial media, Namun ada opsi lain untuk mengatasi hal tersebut, seperti merekrut staff atau pelan-pelan tapi pasti dalam mengisi content bisnis Anda.

Tujuan membuat media sosial untuk perkembangan bisnis Antara lain:

• Mencari pelanggan baru

• Memperluas pemasaran produk atau layanan

• Meningkatkan trafik website

• Membangun branding

2. Buatlah Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah layanan yang disediakan Google untuk membantu produk dan layanan bisnis Anda tercantum di halaman Google. Saat audience melakukan searching, kemungkinan besar mereka melihat produk atau profil bisnis Anda. Selain itu Google bisnisku juga dapat menerima ulasan dari para audience.

Google Bisnisku menyediakan analisis audience. Seperti seberapa banyak tindakan mereka terhadap produk atau iklan yang Anda tayangkan. Google Busnisku juga menyediakan Genie Omnichannel dalam fitur analisis penjualan.

Jadi, ketika Anda mempunyai banyak bisnis yang terdaftar di marketplace dan tidak bisa merekap laporan penjualan. Google Busnisku adalah solusinya, karena layanan ini menyediakan rekap penjualan berdasarkan kategorinya yang dipilih, seperti kerugian atau produk kurang laku. Dengan begitu bisa menjadi bahan pertimbangan bisnis Anda ke depannya.

3. Buatlah website bisnis

Anda dapat menjual produk atau layanan melalui toko online, tetapi akan lebih terlihat profesional jika memiliki website. Dalam dunia bisnis website dapat diibaratkan seperti toko utama atau rumah, sementara toko online dapat diibaratkan seperti pusat perbelanjaan. Toko online akan memiliki kenyamanan yang lebih tinggi dan nilai jual jika memilki website karena Anda sendiri yang akan bertindak dalam membuat kebijakan dan mengatur toko. Anda dapat membuat website menggunakan layanan website builder atau juga dapat membuat sendiri dari awal. Pastikan juga penyedia layanan hosting website yang Anda piliih menyediakan lisensi bersertifikat Secure Sockets Layer (SSL) untuk menjamin keamanan website.

4. Pelajari Copywriting

Pernah dengar istilah copywriting? copywriting adalah sebuah kalimat yang dibuat dengan tujuan untuk membuat audience membeli produk atau layanan yang Anda jual.

Mengapa ilmu copywriting penting? Karena pada dasarnya setiap sosial media yang Anda buat tidak terlepas dari kata-kata. Di Youtube, Facebook, Tiktok dan Instagram pasti Anda harus menuliskan kata-kata baik di caption atau di deskripsi.

Disitulah peran copywriting. Pastikan copywriting yang Anda buat benar-benar bisa meng-“hipnotis” calon pembeli agar dapat membeli produk dan layanan Anda.

Penutup

Senang rasanya Anda begitu semangat mempelajari digital marketing hingga sampai di bagian akhir artikel ini. Kenyataannya, digital marketing adalah upaya pemasaran terbaik dan sangat disarankan untuk Anda yang ingin meningkatkan penjualan produk dengan mudah dan lebih baik.

Ayyuwbi Yumn adalah seorang Copywriter & Web development.