6 Website cek plagiarisme terbaik

6 Website cek plagiarisme terbaik

Istilah plagiarisme sudah tidak asing ditemui dalam kehidupan sehari- hari, terutama dalam dunia penulisan. Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia( KBBI) plagiarisme ialah penjiplakan yang melanggar hak cipta, misalnya, menjiplak artikel ataupun karya seni kemudian menerbitkannya atas nama diri sendiri.

Upaya pencegahan plagiarisme selalu dilakukan dalam berbagai lingkup, terutama lingkup perguruan tinggi. Untuk menghindari terjadinya plagiarisme, pemerintah membuat ketentuan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 17 Tahun 2010( Permendikbud No. 17 Tahun 2010) mengenai Pencegahan serta Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi.

Peraturan itu memuat pengertian, pencegahan, solusi, dan sanksi untuk siapapun yang berada dalam lingkup perguruan tinggi. Plagiarisme dalam bentuk artikel ialah masalah yang sering terjadi karena mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu, untuk menghindari plagiarisme, terdapat beberapa cara cek plagiarisme dalam teks ataupun dokumen dengan mudah serta efisien. Berikut penjelasannya.

1. Duplichecker

Duplichecker ialah situs website untuk cek plagiarisme dengan mudah serta gratis. Kunjungi web duplichecker. com serta masukkan teks ke dalam kotak pencarian maksimal 1. 000 kata per pencarian. Kalian juga bisa unggah dokumen ataupun gunakan alamat situs website. Jika tidak ditemukan kecocokan, akan muncul pesan“ Nomor Plagiarism Detected!”. Jika terdapat kecocokan, Duplichecker akan menunjukkan berapa% jumlah plagiarisme dan sumber teks.

2. PlagScan

PlagScan menawarkan fitur cek plagiarisme dengan membuat akun gratis terlebih dulu. Kunjungi web plagscan. com kemudian buat akun baru. Untuk cek plagiarisme, masukkan teks pada kolom yang ada ataupun unggah dokumen serta klik“ Check Plagiarism”. Teks ataupun dokumen yang dicek hingga 2. 000 kata per pencarian. Hasil yang mengandung plagiarisme serta kutipan akan ditampilkan dengan sorotan dalam teks. Sumber asli dan persentase juga diperlihatkan dengan jelas serta bisa diakses.

3. Plagiarisma

Plagiarisma sanggup mendeteksi plagiarisme dengan berbagai cara. Situs website ini juga mensupport lebih dari 190 bahasa. Untuk cek apakah, cukup kunjungi situs plagiarisma. net serta masukkan teks. Kalian juga bisa unggah teks dari Google Drive ataupun pc, Plagiarisme mensupport format teks TXT, HTML, RTF, DOC, DOCX, XLS, XLSX, PDF, ODT, EPUB, FB2, serta PDB. Teks ataupun dokumen akan diproses serta jika terdapat bagian yang merupakan plagiat, Plagiarisma akan menampilkan dalam bentuk %.

4. Plagiarism Checker

Plagiarism Checker bisa mengetahui penjiplakan pada bacaan dengan gampang tetapi terbatas cuma 1000 tutur per pencarian. Buka web plagiarism- checker. me setelah itu Kamu bisa memindahkan serta melekatkan bacaan dalam kolom yang ada ataupun unggah akta. Plagiarism Checker mensupport bentuk akta DOC, DOCX, TXT, PDF, PPTX, ODT, RTF, TEX, WKS, WPS serta WPD. Bacaan yang memiliki penjiplakan hendak diperlihatkan pada wujud % dan basis asli.

5. Copyleaks

Copyleaks menyediakan fitur cek plagiarisme dengan membuat akun terlebih dulu. Melalui web copyleaks. com, pengguna bisa daftar untuk memperoleh akun secara gratis setelah itu masukkan teks ataupun unggah dokumen yang akan diperiksa. Copyleaks mensupport bentuk dokumen DOC, DOCX, PPT, serta PDF dan juga terbatas hanya 20 kali cek dalam sebulan untuk akun gratis. Hasil yang akan diperlihatkan berbentuk persentase dari bagian yang mengandung plagiarisme.

6. Plagiarism Detector

Plagiarism Detector ialah web gratis dengan tampilan sederhana untuk cek plagiarisme. Buka web plagiarismdetector. net kemudian masukkan teks dalam kolom yang ada ataupun unggah dokumen melalui pc. Web ini membatasi 1. 000 kata per pencarian. Setelah diproses, frasa ataupun kalimat yang memiliki plagiarisme akan diperlihatkan beserta persentase kecocokannya. Dengan klik” Matched Text”, Kalian akan diarahkan ke sumber asli dari teks orisinal.

Ayyuwbi Yumn adalah seorang Copywriter & Web development.