9 Cara Membuat Artikel yang Disukai Google

9 Cara Membuat Artikel yang Disukai Google

Membuat artikel yang disukai Google adalah sebuah keharusan bagi blogger pemula. Anda perlu meluangkan waktu untuk membuat artikel yang berkualitas agar disukai Google. Jika Anda hanya menulis artikel seadanya, akibatnya akan rugi karena hanya membuang energi dan waktu. Maka dari itu, Anda harus tahu cara membuat artikel yang disukai Google.

Untuk meningkatkan peringkat SEO dan mendapat trafik, Anda harus membuat artikel berkualitas dan menarik untuk website atau blog. Jika Anda membuat artikel yang murni (tidak copy paste), maka search engine akan membantu website Anda dalam mendapat lebih banyak pengunjung, dan Google juga akan menempatkan website Anda di atas haris pencarian.

Membuat artikel berkualitas tidak hanya membuat website menjadi lebih baik, tetapi juga dapat meningkatkan peringkat website sehingga memiliki dampak positif bagi website. Ayok simak cara membuat artikel yang disukai Google berikut ini!

1. Sisipkan Keyword Pada judul Artikel

Cara membuat membuat artikel yang disukai Google adalah dengan menyisipkan keyword utama pada judul artikel. Semisal Anda menargetkan keyword utama “Cara membuat artikel” maka judul artikel adalah “Cara membuat artikel bahasa inggris” atau “Cara membuat artikel dengan baik dan benar”.

Dengan menyisipkan keyword pada judul artikel seperti contoh diatas, maka SEO dasar dalam membuat artikel sudah berhasil.

Selain menyisipkan keyword pada judul artikel, Anda juga harus membuat judul yang relevan dengan isi artikel. Dengan begitu, artikel atau konten Anda akan disukai Google.

2. Sisipkan Gambar Pada Artikel

Selain menyisipkan keyword dalam cara membuat artikel yang disukai google Anda juga perlu menambahkan illustrasi atau gambar ke dalam artikel. Cara ini adalah salah satu upaya agar artikel dapat lebih disukai Google.

Selain itu, visualisasi artikel Anda agar tidak monoton serta menjadi lebih menarik dan berwarna.

Dengan menambahkan gambar yang relevan pada sebuah artikel juga dapat meningkatkan pengunjung yang cukup potensial, karena Google mengindek gambar tersebut di halaman pencarian gambar.

Sehingga, jika Anda mempunyai hobi fotografi tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu khusus berburu foto persediaan artikel.

3. Sisipkan Internal Link Pada Artikel

Untuk memaksimalkan SEO website Anda, jangan lupa untuk mengoptimalkan internal link di setiap artikel. Hal ini sangat penting di lakukan, karena dengan mengoptimalkan internal link pengunjung akan berlama-lama dalam membaca artikel.

Selain mempertahankan pengunjung mengoptimalkan internal link akan membuat ranking website Anda naik ke atas mesin pencarian.

Selain itu, Anda juga harus bijaksana dalam memakai internal link. Pastikan keyword yang Anda beri link ke halaman lain di website Anda masih relevan. Karena jika tidak, pengunjung website Anda akan meninggalkan website tanpa membaca artikel.

4. Panjang Artikel Melebihi 500 Kata

Cara membuat artikel yang disukai Google berikutnya adalah Dengan Membuat artikel dengan panjang minimal 500 Kata. Ingat!! Kata bukan karakter atau kalimat. Menurut Kami membuat artikel dengan panjang 500 kata sudah lebih dari cukup. Namun, Ada baiknya jika Anda Membuat artikel dengan panjang 700 kata atau 1000. Anda dapat mengunjungi website charactercalculator.com untuk mengecek jumlah kata artikel.

Perlu Anda ketahui, jika jumlah kata ini bukan untuk memenangkan website Anda di search engine. Jumlah kata tersebut adalah sebuah gambaran kualitas artikel saja. Semakin berkualitas sebuah artikel blog, maka akan semakin disukai pembaca dan Google. Artikel panjang juga bukan artikel yang terpaksa dibuat panjang dengan kalimat bertele-tele atau kalimat basa-basi yang berlebihan ya.

5. Artikel Berasal Dari Sumber Terpercaya

Membuat artikel yang berasal dari sumber terpercaya akan lebih disukai Google, bagaimana cara memberi tahu Google bahwa artikel yang Anda buat berdasarkan pada sumber terpercaya? Caranya sangat mudah Anda hanya perlu menambahkan link halaman terpercaya seperti Portal news, Wikipedia dan lainnya ke dalam artikel.

Kenapa hal ini harus dilakukan? Karena jika hanya mengambil informasi dari website terpercaya tanpa menambahkan link website tersebut ke dalam artikel, maka Anda akan terdapat plagiasi sehingga artikel tersebut tidak di sukai Google.

6. Hindari Artikel Hasil Copy Paste

Cara membuat artikel yang disukai Google adalah tidak mengambil karya orang lain seperti copy paste, jika Anda melakukan hal tersebut segerahlah berubah. Karena sekarang Google sudah semakin pintar, Google lebih menyukai artikel yang murni buatan sendiri. Mungkin sekarang Anda dapat berbangga diri dengan artikel hasil copy paste, lambat laun Google akan menyadari bahwa artikel yang Anda posting adalah hasil copy paste.

Membuat artikel hasil copy paste hanya membuang-buang waktu dan tenaga. Meskipun informasi yang Anda ambil sangat bermanfaat tetap saja Google membenci perbuatan tersebut, karena Google sangat menghargai hak cipta. Mengambil artikel orang lain akan membuat rugi diri sendiri, karena dengan artikel hasil copy paste website Anda akan susah berada di atas hasil pencarian. Sebagai solusi masukan link website yang Anda ambil informasinya ke dalam artikel seperti yang sudah Kita bahas di Nomor 5.

7. Artikel Dapat Memberikan Jawaban

Cara membuat artikel disukai Google yaitu Membuatlah artikel yang memberikan jawaban bagi para pembaca. Karena ketika seseorang menggunakan search engine, yang orang tersebut butuhkan adalah jawaban, dan sudah menjadi kewajiban search engine untuk memberikan jawaban. Sama halnya ketika orang membaca sebuah artikel atau menonton sebuah video, yang mereka inginkan adalah mendapatkan suatu jawaban.

8. Pastikan Tidak Ada Kesalahan pada Penulisan Artikel

Pastikan tidak ada kesalahan penulisan pada artikel. Seperti tata bahasa yang keliru, typo, penggunaan tanda baca yang tidak tepat dan lainnya. Karena, kesalahan penulisan dapat menurunkan kualitas artikel dan merusak pengalaman pembaca.

Saat artikel Anda memiliki banyak kata-kata typo dan tanda baca tidak tepat, sehingga pembaca akan menilai Anda tidak profesional dalam mebuat artikel.

Oleh karena itu, lakukanlah pengecekan kata-kata pada artikel sebelum Anda positing. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan menggunakan tools online seperti ejaan.id dan typoonline.

9. Lupakan Kepadatan Keyword Pada Artikel

Mitos SEO yang sering Anda perhatikan pada membuat sebuah artikel adalah keywords density atau kepadatan keyword. Orang-orang mengatakan kepadatan keyword yang bagus yaitu 3 persen sampai 5 persen dari total kata pada artikel, Namun ada juga yang mengatakan kepadatan keyword sebaiknya antara 1 persen sampai 3 persen dari total semua kata pada artikel. Nyatanya, Google tidak pernah menjelaskan tentang kepadatan keyword atau keywords density.

Umumnya Anda perlu menambahkan keyword yang relevan dengan artikel yang Anda buat. Namun, Anda harus menggunakan keyword secara wajar. Menyisipkan tidak pada tempatnya akan merusak kualitas artikel.

Penutup

Kita sudah tiba di penghujung artikel ini. Sekedar mengingatkan, cara membua artikel yang disukai Google adalah dengan sisipkan keyword pada judul artikel, sisipkan gambar pada artikel, sisipkan internal link pada artikel, panjang artikel melebihi 500 kata, artikel berasal dari sumber terpercaya, hindari artikel hasil copy paste, artikel dapat memberikan jawaban, pastikan tidak ada kesalahan pada penulisan artikel dan lupakan kepadatan keyword pada artikel. Terimakasih sudah membaca sampai akhir. Sampai jumpa di kesempatan lainnya.

Ayyuwbi Yumn adalah seorang Copywriter & Web development.