5 Cara Membuat Iklan Yang Menarik di Google

Cara Membuat Iklan Yang Menark di Google

Pemasaran digital dengan menggunakan iklan di Google merupakan salah satu strategi yang dapat meningkatkan popularitas dan penjualan produk Anda. Namun, terdapat banyak faktor yang memengaruhi efektivitas kampanye Anda, seperti kata kunci, deskripsi iklan, dan ekstensi iklan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat kampanye yang menarik di Google:

1. Menentukan Kata Kunci yang Relevan

Untuk membuat iklan yang menarik di Google, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan kata kunci yang relevan. Kata kunci adalah istilah yang dicari oleh pengguna Google ketika mereka ingin mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Berikut adalah tips untuk menentukan kata kunci yang relevan untuk kampanye Anda di Google:

1.1. Tentukan tujuan bisnis Anda

Sebelum menentukan kata kunci, pastikan bahwa Anda telah menetapkan tujuan bisnis yang jelas. Misalnya, apakah Anda ingin meningkatkan penjualan atau meningkatkan lalu lintas situs web Anda?

1.2. Gunakan Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah alat gratis yang dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan untuk bisnis Anda. Anda dapat mencari kata kunci yang berhubungan dengan produk atau layanan Anda, dan melihat estimasi jumlah pencarian bulanan.

1.3. Gunakan kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi

Pilih kata kunci yang memiliki volume pencarian yang tinggi agar iklan Anda dapat ditemukan oleh lebih banyak pengguna Google.

1.4. Jangan gunakan kata kunci yang terlalu umum

Hindari menggunakan kata kunci yang terlalu umum, seperti “handphone” atau “buku”. Kata kunci yang terlalu umum cenderung memiliki persaingan yang tinggi dan sulit untuk bersaing di pasar yang sudah jenuh

1.5. Pertimbangkan kata kunci long-tail

Kata kunci long-tail adalah istilah yang lebih spesifik dan terdiri dari dua atau lebih kata. Misalnya, “handphone android terbaru” atau “buku novel terlaris”. Kata kunci long-tail cenderung memiliki persaingan yang lebih rendah dan dapat membantu meningkatkan relevansi iklan Anda.

2. Menuliskan Judul yang Menarik

Judul kampanye adalah hal yang sangat penting dalam membuat iklan yang menarik di Google. Judul kampanye yang menarik dapat menarik perhatian pengguna Google dan membuat mereka ingin mengeklik kampanye Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menuliskan judul kampanye yang menarik:

2.1. Gunakan kata-kata yang kuat

Gunakan kata-kata yang kuat dan bersemangat dalam judul iklan Anda. Misalnya, “Diskon Besar!”, “Gratis Ongkos Kirim!”, atau “Tawaran Terbatas!”.

2.2. Jadikan judul iklan relevan dengan kata kunci

Pastikan judul kampanye Anda relevan dengan kata kunci yang Anda gunakan. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan kampanye Anda ditampilkan kepada pengguna yang tertarget secara tepat.

2.3. Fokus pada manfaat produk atau Layanan

Fokus pada manfaat produk atau layanan yang Anda tawarkan dalam judul iklan Anda. Misalnya, “Dapatkan Kulit Bersih dan Cerah dengan Produk Kami!” atau “Layanan Cepat dan Efisien untuk Kebutuhan Perjalanan Anda!”.

2.4. Buat judul iklan yang unik dan menarik

Cobalah untuk membuat judul kampanye Anda unik dan menarik. Gunakan kalimat-kalimat yang tidak biasa atau pernyataan yang mengundang rasa penasaran.

2.5. Buat judul iklan yang singkat dan jelas

Usahakan untuk membuat judul kampanye Anda singkat dan jelas. Hindari menggunakan kata-kata yang tidak perlu atau membuat judul kampanye terlalu panjang.

Dengan menuliskan judul kampanye yang menarik, Anda dapat meningkatkan klik-through rate (CTR) kampanye Anda dan membuat iklan Anda lebih efektif dalam menarik perhatian pengguna Google. Pastikan untuk selalu menguji dan mengevaluasi judul kampanye Anda untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Memasukkan Deskripsi yang Jelas dan Singkat

Deskripsi kampanye yang jelas dan singkat juga sangat penting dalam membuat iklan yang menarik di Google. Deskripsi kampanye Anda harus memberikan informasi yang cukup tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan agar pengguna Google dapat memutuskan apakah mereka ingin mengklik kampanye Anda atau tidak. Berikut adalah beberapa tips untuk memasukkan deskripsi yang jelas dan singkat dalam iklan Anda:

3.1. Sertakan tawaran khusus

Sertakan tawaran khusus dalam deskripsi iklan Anda untuk membuat pengguna Google lebih tertarik pada kampanye Anda. Misalnya, “Dapatkan Diskon 50% untuk Pembelian Pertama Anda!” atau “Beli 1 Gratis 1 untuk Produk Tertentu!”.

3.2. Buat deskripsi iklan yang unik dan menarik

Cobalah untuk membuat deskripsi kampanye Anda unik dan menarik. Gunakan kalimat-kalimat yang tidak biasa atau pernyataan yang mengundang rasa penasaran.

3.3. Gunakan kalimat panggilan Tindakan

Sertakan kalimat panggilan tindakan pada akhir deskripsi kampanye Anda. Misalnya, “Beli Sekarang!” atau “Daftar Sekarang!”.

3.4. Gunakan kalimat singkat dan jelas

Deskripsi iklan Anda harus mudah dipahami oleh pengguna Google. Gunakan kalimat singkat dan jelas sehingga pengguna Google dapat dengan cepat memahami apa yang Anda tawarkan.

3.5. Fokus pada manfaat produk atau Layanan

Sama seperti judul iklan, fokus pada manfaat produk atau layanan yang Anda tawarkan dalam deskripsi kampanye Anda. Jangan terlalu banyak membahas fitur produk atau layanan Anda, karena pengguna Google lebih tertarik pada manfaat yang mereka dapatkan.

Dengan memasukkan deskripsi yang jelas dan singkat, Anda dapat membuat kampanye Anda lebih efektif dalam menarik perhatian pengguna Google dan meningkatkan konversi iklan Anda. Pastikan untuk selalu menguji dan mengevaluasi deskripsi iklan Anda untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Menggunakan Ekstensi Iklan

Jika Anda ingin membuat kampanye yang menarik di Google, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan ekstensi kampanye. Ekstensi iklan adalah fitur tambahan pada iklan yang dapat meningkatkan efektivitas kampanye Anda.

Beberapa jenis ekstensi kampanye yang bisa Anda gunakan di Google Ads adalah sebagai berikut:

4.1. Ekstensi Sitelink

Ekstensi Sitelink memungkinkan Anda menambahkan beberapa tautan ke halaman situs web yang berbeda di bawah iklan Anda. Hal ini memudahkan pengguna untuk menemukan informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan.

4.2. Ekstensi Klaim Bisnis

Ekstensi Klaim Bisnis memungkinkan Anda menampilkan informasi bisnis penting seperti alamat, nomor telepon, dan jam kerja di iklan Anda. Hal ini sangat membantu bagi pengguna yang ingin menghubungi Anda secara langsung atau mengunjungi toko fisik Anda.

4.3. Ekstensi Deskripsi Situs

Ekstensi Deskripsi Situs memungkinkan Anda menambahkan deskripsi tambahan di bawah URL situs web Anda. Deskripsi ini dapat membantu menjelaskan apa yang membuat bisnis Anda unik dan menarik bagi calon pelanggan.

4.4. Ekstensi Penilaian Penggunan

Ekstensi Penilaian Pengguna menampilkan rating bintang dan jumlah ulasan dari pelanggan yang telah menggunakan produk atau layanan Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan calon pelanggan pada bisnis Anda.

Dengan menggunakan ekstensi iklan ini, Anda dapat memperluas informasi yang dapat ditampilkan pada kampanye Anda, meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda, serta meningkatkan efektivitas iklan Anda secara keseluruhan.

5. Mencocokkan Targeting dengan Landing Page

Untuk membuat kampanye yang efektif di Google, Anda perlu memastikan bahwa iklan Anda relevan dengan landing page Anda. Dengan kata lain, Anda perlu menyesuaikan targeting kampanye Anda dengan konten yang ada di landing page Anda.

Sebelum membuat iklan, pastikan untuk menentukan tujuan dan target pasar Anda. Selanjutnya, pastikan landing page Anda sesuai dengan tujuan dan target pasar tersebut. Misalnya, jika Anda ingin mempromosikan produk kosmetik, pastikan landing page Anda berisi informasi yang relevan dengan produk tersebut.

Jika Anda membuat kampanye yang relevan dengan landing page Anda, ini akan meningkatkan tingkat konversi iklan Anda. Selain itu, ini juga akan meningkatkan skor kualitas kampanye Anda di Google, yang akan membantu iklan Anda lebih mudah muncul di halaman pertama pencarian Google.

Saat menentukan targeting iklan Anda, pastikan untuk memilih kata kunci yang relevan dengan landing page Anda. Misalnya, jika landing page Anda berisi informasi tentang produk kosmetik, pastikan untuk memilih kata kunci yang berkaitan dengan produk kosmetik.

Jangan lupa untuk melakukan pengujian A/B untuk melihat apakah kampanye Anda efektif atau tidak. Dengan melakukan pengujian A/B, Anda dapat mengetahui elemen mana dari iklan Anda yang perlu ditingkatkan.

Penutup

Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat membuat iklan yang menarik dan efektif di  Google. Namun, selain dari hal-hal di atas, pastikan juga untuk mengoptimalkan budget dan strategi pemasaran Anda secara teratur agar hasil yang didapatkan semakin maksimal.

Ayyuwbi Yumn adalah seorang Copywriter & Web development.